Jumat, 23 Januari 2009

pakpahan...


saya ana boru Pakpahan,
lahir di medan 14 Aug 1984
tepatnya di jl. m nawi harahap no. 111 c medan
saya anak ke-8 dari 11 bersaudara.
Tp saya skrg sedang merantau di Jakarta
kata bapak saya kami ini Pakpahan sibosi
walaupun saya ini anak perempuan, tp saya juga ingin tau silsilah marga saya. Oleh sebab itu saya tanya sama bapak pakpahan itu ada berapa?? bapak saya bilang Pakpahan itu selain sibosi ada juga hutanamora.
tp yang saya masih belum ada jawaban nya hingga saat ini adalah siapa yg paling tua diantara kedua nya????? bingung kan???? bagi siapa aja yang mampir di blog ini dan yang mengetahui silsilah ini, tolong kasih comment yach.... Mauliate...

88 komentar:

  1. ada 3
    1. Pakpahan Hutaraja/Hutanamora
    2. Pakpahan Lumban Bosi
    3. Pakpahan Sigodang Pohul

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakpahan ada 3
      1. Hutaraja
      2. Hutanamora
      3. Lumban Bosi

      Hapus
    2. Yach ini salah lambas, jangan mau me yayasan yang salah ntar jadi keturunan orang salahnanti, ok?, tq

      Hapus
    3. Yach ini salah lambas, jangan mau me yayasan yang salah ntar jadi keturunan orang salahnanti, ok?, tq

      Hapus
    4. Lucu Kau, Kami Pakpahan Hutanamora di Jabodetabek mempunyai landasan yang kuat untuk tidak diakuinya sigodang pohul dari tarombo Pakpahan.

      silahkan dibaca sampai habis hasil telurusan kami Pakpahan Hutanamora di Jabodetabek!!

      SIGODANG POHUL...bukanlah ANAK HUTANAMORA PAKPAHAN ATAUPUN SEBAGAI ANAK BIOLOGIS HUTANAMORA PAKPAHAN....dan SIGODANG POHUL DIMUNCULKAN SEBAGAI HASIL KONSPIRASI.....OLEH PRIBADI,KELOMPOK TERTENTU !!!!

      Horas Tondi Madingin Pir Tondi Matogu...

      Horas ma luhut dihita ganup Pinompar ni Ompui namarsahala Hutanamora Pakpahan..: Ampanulampak Pakpahan, Datu Ronggur Diadji Pakpahan, Porhas Manjunging Pakpahan.. diliat Portibion khususna naung gabe bergabung di Group on...

      Porlu pabotohonon tu hita luhutna, sebagai tindak lanjut PELUNCURAN Film Kolosal "MENGUNGKAP TABIR SIGODANG POHUL" untuk meluruskan FAKTA dan BUKTI Sejarah sebagai Jawaban KEBENARAN dari PENULISAN BUKU Hikayat Datu Ramot yang ditulis Drs. Mangala Pakpahan yg SENGAJA DIBUAT SALAH...sebagai KONPIRASI; Hutara Raja,Lbn.Bosi dan Sigodang Pohul untuk MENUTUPI TABIR di Kalangan MEREKA sendiri !
      Untuk menjawab hal diatas, Admin dari group ini berusaha memberikan Fakta Up tudate menyampaikan sebahagian hasil kerja Team 08 :

      1. Bahwa team 8 yang berangkat dari Jakarta tertanggal, 12 Feb 2015 yg diwakili seluruh Petinggi-Petinggi Hutanamora Jabodetabek telah membawa bukti-bukti dan di Dokumentasikan dengan baik.

      2.Melihat Fakta-Fakta di Lapangan dengan melakukan kunjungan langsung,antara lain dengan melihat Parhutaan;
      Hutanamora,Huta Raja ,Lbn. Bosi dan Sigodang Pohul dan melihat Artefak-Artefak/Makam ataupun Tugu dari Peninggalan Ompu Hutanamora dan si Godang Pohul ,juga melakukan Wawancara langsung kepada Sigodang Pohul yg tinggal di Bona Pasogit - Samosir.

      3.Makam atau kuburan Oppung ni si Godang Pohul terungkap /tercatat baru di Thn. 1906 ( bandingkan dengan Sundut (1 generasi) Hutanamora sd sekarng, kalau rata2 Satu Sundut 25 Thn. Eksistensi Hutanamora sdh diangka 450-500 thn) sampai dengan sekarang...si Godang Pohul?? TUNG JAHE NEHI MERICANA !

      4.si Godang Pohul, telah mengakui bahwa mereka mencontek TAROMBO HUTANAMORA atau tarombo dari PARBONA RAJA ! ( Astagafirollah Rajim)

      5.sebagai tindak lanjut untuk rampungnya Film KOLOSAL ; 'MENGUNGKAP TABIR SIGODANG POHUL ' ini...Medio Juni-Juli 2015 Team masih berangkat ke Pangaribuan..

      Dari Data dan Fakta hal diatas ( yang oleh Anak SD sendiripun) akan dapat mengambil KESIMPULAN YANG TIDAK TERBANTAHKAN sebagai berikut:

      1. Parhutaan (Perkampungan) Hutanamora Pakpahan jauh LEBIH LUAS dari pada Perkampungan Huta Raja dan Lbn.Bosi; ini sebagai BUKTI REAL bahwa Hutanamora adalah sebagai RAJA yang menguasai pertapakan...tdk ada HATOBAN yang menguasa atau sebagai PENGUASA !

      2. si Godang Pohul TIDAK MEMILIKI PARHUTAAN SAMA SEKALI, si Godang Pohul menumpang dan tinggal di Parhutaan Hutanamora, ini BUKTI Bahwa si GODANG POHUL BUKANLAH ANAK ATAU KETURUNAN HUTANAMORA ATAUPUN ANAK PERSELINGKUHAN (kalaupun DALIL ini yg akan di munculkan) karena apa? Kalaupun Misalnya SIGODANG POHUL SEBAGAI ANAK HASIL PERSELINGKUHAN ATAU ANAK HARAM..PASTILAH MEREKA MEDAPATKAN BAGIAN PARHUTAAN ATAU PERKAMPUNGAN !

      3.Sigodang Pohul hanya tinggal/bermukim segelintir saja INI JUGA SEBAGAI BUKTI REAL...bahwa keberadaan si Godang Pohul bukanlah anak dari Hutanamora.

      4.Makam atau kuburan Oppung ni si Godang Pohul terungkap /tercatat Thn. 1906...fakta ini sebagai BUKTI REAL bahwa si Godang Pohul tidak MEMILIKI SANGKUT PAUT HUBUNGAN DARAH dengan HUTANAMORA...krn Hutanamora sudah ratusan Thn sebelum Thn. 1906 masehi !

      5. Bahwa si Godang Pohul telah mengakui bahwa mereka menyadur,menyontek susunan TAROMBO HUTANAMORA selama ini ( ASTAGA FIROLLAOH RAJIM)

      pertanyaanya...Siapa YANG BERKONSPIRASI DENGAN SIGODANG POHUL UNTUK MENYAMARKAN TABIR DAN MENGGELAPKAN TAROMBO TOGA PAKPAHAN INI? Pemirsaaa silahkan JAWAB SENDIRI....!

      mauliate madihita luhutna...tongtong mangolu SAHALA ni Oppungta HUTANAMORA dihita luhutna Pinomparna @ BRAVO HUTANAMORA...

      Hapus
    5. Lambas, dang adong pakpahan jabodetabek, na adong pakpahan sian Samosir.

      Hapus
  2. Horas ito.! Mengenai pertanyaan ito,mengenai siapa yg paling tua anak dari Pakpahan.Jelasnya yg siakkaan adalah;HUTARAJA.tapi utk tidak memperkeruh suasana,urutan no.2 dst buat sementara kita pending dulu karena para tetua dari marga Pakpahan sedang berusaha untuk MENJERNIHKAN nya.Demikian dulu komentar saya ito ya!H O R A S

    BalasHapus
  3. Ito Ana ! jangan sampai pusing memikirkan nya yaa apalagi kepada kalian semua BORU.yang jelas,semua marga PAKPAHAN adalah hula2mu(tanpa kecuali)

    BalasHapus
  4. Horas to. sesuai tarombo dan ajaran orangtua saya memang hanya ada tiga orang keturunan Raja Pakpahan yaitu Hutaraja (Hutanamora), Lumban Bosi, dan Sigodang Pohul. Mungkin ada ajaran dan tarombo yang berbeda, tidak masalah. Jangan jadi bingung dan pusing ya to. salam buat bapa dan mama. hodup boru Pakpahan

    BalasHapus
  5. hmmmmm.....sampai kapanpun gak akan ketemu jawabannya.....

    BalasHapus
  6. saya setuju dengan Doly..
    Pakpahan ada 3:
    1.Pakpahan Hutaraja
    2.Pakpahan Lumban bosi
    3.Pakpahan sigodang pohul
    adapun Pakpahan Hutanamora adalah anak dari pakpahan Hutaraja.
    dan saya adalah Pakpahan Sigodang pohul.
    salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan saya tidak setuju dgn coment anda dan Doly...!!! Apalagi anda sebagai turunan dari Sigodang Pohul.Ada baik nya anda cari tau sebenarnya Sigodang Pohul itu siapa? apakah itu asli anak dari Pakpahan?
      Dan dari mana sumber anda menyatakan Huta Namora anak dari Hutaraja?

      Hapus
    2. bos timbul82 op. pakpahan 2 kali kawin.
      dari istri yang pertama lahirlah Hutaraja dan dari istri ke 2 lahirlah 2 anaknya yaitu : sibosi dan sigodang pohul.dan kamu bilang sigodang pohul anak angkat.justru hutanamora merupakan anak dari Hutaraja.
      saya sebagai pakpahan sibosi.mauliate

      Hapus
    3. Saran saya, sigodang Pohul di Sosor Pasir Hutanamora Pakpahan lebih baik diusir

      Hapus
  7. emang gt yah???
    kenapa pakpahan sibosi menganganggap pakpahan hutanamora ga ada????

    BalasHapus
  8. @Pances : Menurut saya, Bukannya menganggap tidak ada, Tapi... Menempatkan Pakpahan Hutanamora Pada Tempatnya.
    Sebab Pakpahan Hutanamora adalah CUCU dari Opp kita Pakpahan.
    Jadi kalau CUCU mengaku jadi ANAK pastilah ke 3 anaknya Pakpahan yaitu :
    1.Pakpahan Hutaraja
    2.Pakpahan Lumban Bosi
    3.Pakpahan Sigodang Pohul
    TIDAK SETUJU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beginilah coment menyesatkan dan mengundang provokasi dari seseorang yg bukan turunan asli dari Oppung kita Pakpahan.Seharus nya ini tidak perlu sy ungkap kan disini karena saya masih mengingat TONA yg di sampaikan secara turun temurun dari Oppung kita RAJA SONANG.Yang nota bene sangat sensitif.Jadi anda tidak perlu lagi berkoar-koar mengenai tarombo dari Toga Pakpahan,(boto ma dirim)

      Hapus
    2. Sattabi di punguan bolon...
      Denggan do marsihatorangan abg, bapa tua, sude udaku, itoku, namboruku..
      Ale molo gabe sibaen bada do tumagon unang ta bahas..
      Au marga pakpahan si Bosi sian lintong nihuta...
      Sude marga pakpahan keluarga ku... Dg peduli au pakpahan aha..
      Alana otik do hita pomparan ni opputa... Ale tong masihosoman...
      Ala hita sebagai penikmat sejarah untuk saat on..
      Dang taboto anggo kebenaran ni sejarah... Lain hal ketika ada para pelaku sejarah hadir memberikan keterangan..

      Horas...
      Sada ma hita akka namarhaha anggi

      Hapus
    3. Ahu Pakpahan Hutanamora keturunan Apanulappak sian desa Sosor Pasir Pakpahan Pulo Samosir, hujaha statusmu si Godang Pohul Pakpahan, didia do bonapasogit si Godang Pohul ? Pattangkas ma tarombo si godang pohul sian Pakpahan, sebenarna adong 3 rumah tangga sugodang Pohul di sosor pasir Pakpahan Hutanamora, ro jo ho dobah tu sosor pasir Pakpahan asa jelas jolo partaomboan si godang pihul, unang gabe diparsoada ho Pakpahan Hutanamora

      Hapus
    4. Ahu Pakpahan Hutanamora pomparan Ampanulapak sian Desa Sosor Pasir Pulo Samosir, Godang Pohul didia do bona pasogitmu puang ? Ahu par sosor pasir Pakpahan Hutanamira, adongdo 2 rumah tangga si Godang Pohul di Sosor Pasir ise ma humana ? Boasa diparsoada ho Pakpahan Hutanamora, ro jolo ho bah tu Sosor Pasir Pakpahan di Pulo Samosir, asa pattakkas jolo tamombom

      Hapus
  9. Horas ito... dan salam kenal.
    untuk lebih tau silsilah Pakpahan kunjungi aja Group Facebook Pakpahan Na 3 i(Na Tolu I) disana banyak postingan mengenai Tarombo.
    Tks.

    http://www.facebook.com/groups/4287509971637961/

    BalasHapus
  10. Horas ma di hita saluhutna... Aku adalah Pakpahan Lumban Bosi, keturunan Oppu Raja Singal... Menanggapi permasalahan di atas, terutama pertanyaan Saudaraku Pances... Sepanjang yang saya tahu, Pakpahan Lumban Bosi tidak pernah tidak mengakui keberadaan Saudara kita Pakpahan Huta Namora... Pakpahan Lumban Bosi akhirnya "bisa menerima" Pakpahan Huta Namora adalah anak dari Toga Pakpahan... TETAPI janganlah menjadi anak ke2, dan Pakpahan Lumban Bosi tidak mau menjadi anak ke3... Itu saja...! Untuk memecahkan permasalahan ini dan demi keutuhan Toga Pakpahan, baru2 ini telah ada suatu "wacana" istilah " Pakpahan si 3 Ama, si 4 Pinompar..." Kuharap untuk sementara waktu, bisa kita terima wacana ini, agar tidak terjadi lagi permasalah2 diatas... Horas ma di hita saluhutna... Asa songon hata ni umpasa ma dohononku..."Pinatikkon ma hujur tu topi ni tapian, tung tudia pe Pinompar ni Toga Pakpahan si 3 Ama, si 4 Pinompar mangalakka, sai disi ma dapot akka parsaulian..."

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq suka pepatanya ito :)

      by : boru pakpahan hutaraja

      Hapus
  11. kaya mana nya klo bgini, kami yg masih muda makin bingung..

    by:pakpahan hutaraja

    BalasHapus
  12. horas,,,,,,,,,,, au pakpahan lubban bosi , molo memang hubege sian permasalahan na di gijjang nakkaning hurasa nga tung maol be dapot hita ujung ni on alana holan oppung ta na parjolo do boe menentuhon ise do anak siakkangan , siampudan, sipaitonga
    molo hita do hurasa dang naboe be menentuhon i alana boe dohonon apalagi iba selaku generasi muda holan hata tu hata nama binege , jadi molo saran sian au unang pola loja hamu berdebat alani i , napetting holan sada do intina TOGA PAKPAHAN , dang pola porlu hurasa beda2 honon manang gabe berdebat holan alani i
    dosma rohatta be demi keutuhan ni toga pakpahan unang adongbe perdebatan ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju saya dengan keterangan alex pakpahan

      Hapus
    2. Horas... Nungnga tabiatta sian oppung ta pakpahan lumban bosi sipangoloi. Alai nang pe songoni las ma rohatta namar dongan tubu. Sarupa do i sude, asal ma saling menghargai. Pokokna raja sonang harga mati!!!

      Hapus
  13. jangan pernah sekali sekali mengurangi sejarah,jgn sekali sekali mengingkari kenyataan.Kepada pakpahan hutaraja naso mangaradoti anggina/ keturunanna yg hilang,jgn membuyarkan keturunan yang lain(Hutanamora) jd bagian tarombona,begitu juga pakpahan lumban bosi,jgn jadi guru yang tidak baik terhadap tarombo Hutaraja dan Hutanamora,karena hutanamora punya Tarombonya tersendiri dan hutaraja dgn tarombona,yg hilang pun anak hutaraja,jgn urusan lumban bosi siapa itu.kepada pakpahan Sigodang pohul/Boto jala markaca majo dirim,ise ho,tau dirim ise asa mangkatai ho.Ingot Tarombo sian Siraja Sonang,tanda dirim anak napinagodang ni pakpahan doho dibaen gabe marga pakpahan.Tau diri ho,unang sampuri naso binotom.Sosor Pasir,Sipira,Onan Runggu.Bukti sejarah Perkampungan Toga Pakpahan.HUTARA,HUTANAMORA,SILUMBAN BOSI,SIGODANG POHUL.ingot ma ise namambaen so tingkos dipadan niompunta ingkon jaloonna do bagianna.

    BalasHapus
  14. Hepengi do,mangatur portibion.
    Makan apa dari tarombo ?
    Apa susahnya,saling mengasihi ?
    Sahat tu saonari,hot do masuk 'peta kemiskinan' Tapanuli Utara.
    Na pailahon diri ta do hita,molo sai songon on.
    Dikurangin aja,jadi halak hita yang suka main di HOTEL-hosom,teal,elat dan late ni roha.
    Mestinya senang,kalo ketemu sesama marga (bukannya,malah mar tarombo).
    Dalam Tuhan,kita bersaudara.
    Ai dang di sungkun,di surgo i ; Pakpahan aha,hita ?
    Horas !!!

    BalasHapus
  15. Unang marbadai hamu bo, maila hita dibege halak ate, horas ma hita sude pomparan ni Toga Pakpahan

    BalasHapus
  16. Nunga hupajojor sude dongan magodangku. Jala sude bapatua, sian hutaraja. dohot dahahang sian hutaraja sesuai dohot nomor turun temurun. Sian suddut hu, hutarik tuginjang sahat tu ompui Toga pakpahan. DAN SAYA BISA MENDAPAT SATU BUKTI BAHWA HUTANAMORA ADALAH ANAK DARI TOGA PAKPAHAN. Bagi saudara2ku bisa melakukan hal yang sama sesuai dari perhitungan suddut papigahon.

    BalasHapus
  17. tolong add saya di fb , pakpahan siampudan

    BalasHapus
  18. betul itu memang sangat penting....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarna porlu do memang hita songonon,,, alana parsiajaran do on di hami generasi toga pakpahan... alai unang pola pake urat hamu mangalusi, jala ingkon manat2 do. molo emosi do di parjolohon...saut ma pertengkaran i na ro... ambil antong sisi positifna si perbincangan on, jala dison ma ta rangkum aha na ta bege manang ta jaha, ta baen ma kesimpulan sian on. alana molo ta dok do au na toho manang na hamu na toho semuanya tidak akan kita ketahui karna apa yg kita katakan masih katanya... bukan berdasarkan apa yg kita alami, jd kita ambil saja sisi positifnya, dan seharusnya dgan perbincangan ini kita jd smakin dekat jala unang pola marbadai....
      Mauliate.
      #pakpahan lumban bosi
      Fb: freddy pakpahan anakmerantibocahriau

      Hapus
    2. Syalom sya pakpahan lumban bosi saya mau tau tarombo pakpahan lumban sibosi..
      Boleh tlong bantu saya
      Trimakasih

      Hapus
  19. Kita selalu membawa ego,masing2. Pernah kita bahas siapa Mamak nya Pakpahan? Kenapa sampai ada perselisihan nomor urut? Mungkin beda pintu antrian... Jd apara2,ito2 , jgn kita bahas lg. Malu kita nanti. (Cerdas dlm. Hati)

    BalasHapus
  20. Kita bahas batu akik sudah...

    BalasHapus
  21. Kita bahas batu akik sudah...

    BalasHapus
  22. Loja hamu mamikiri ise na umtua sian Hutanamora dohot sibosi Kan nga jelas lului ma sude situs mengenai pakpahan tordibahen do urutannai

    1. Pakpahan Hutaraja/Hutanamora
    2. Pakpahan Sibosi
    3. Pakpahan Sigodang Pohul ( Molo dimedan hotik do pe halakhon )

    Mauliate . Pakpahan Hutanamora

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brarti tugu ni datu ronggungdiaji na di pangaribuani salado hape urutan na binahen nai 1.hutaraja
      2. Hutanamora
      3. Si bosi.
      Antong sala doi? Mlo salado laho manghorjahon tugui disi do hutaraja dohot sibosi mandohoti horjai boasa dang di pature??. Isedo na salah disi ..

      Hapus
  23. Horas ma dihita saluhut na akka hula2 nami,pokoknya saya secara pribadi yang namanya bermarga PAKPAHAN tanpa terkecuali itu adalah SAMA,DI hita boru ni pakpahan unang adong membeda-bedakan antara satu sama lain.mauliate

    BalasHapus
  24. Horas ma dihita saluhut na akka hula2 nami,pokoknya saya secara pribadi yang namanya bermarga PAKPAHAN tanpa terkecuali itu adalah SAMA,DI hita boru ni pakpahan unang adong membeda-bedakan antara satu sama lain.mauliate

    BalasHapus
  25. tolong lah
    di cari dulu kebenaran nya
    baru di publikasi kan

    BalasHapus
  26. Tetap lah bersatu toga pakpahan...jgn ada perpecahan

    BalasHapus
  27. Ooo na songon non do hape.... Patut ma.... Hahahaaaaaa

    BalasHapus
  28. Ooo na songon non do hape.... Patut ma.... Hahahaaaaaa

    BalasHapus
  29. Memang porlu dipatikkos posisi masing2,asa binoto manjou,hita na mangolu di jaman sonari on porlu mamboto posisi masing2.salam sian au pakpahan sibosi

    BalasHapus
  30. Memang porlu dipatikkos posisi masing2,asa binoto manjou,hita na mangolu di jaman sonari on porlu mamboto posisi masing2.salam sian au pakpahan sibosi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetul tdk ada yg perlu diluruskan . itu sudah benar tarombo kita toga pakpahan... tinggal kita bagai mana menyikapi na saya pakpahan lomban bosi saya selalu mengalah pada hutanamora demi kedamaian diantara kita toga pakpahan

      Hapus
  31. pokok e sekarang percaya diri coy siapa keturunan masing2 pakpahan hutaraja.pakpahan hutanamora.pakpahan sibosi laksanakan ga usah bnyk x coment sekarang ga jaman protes2 trima siapa kita bertanya dgn opung kita pakpahan apa anda masing2 jgn menjadi propokator ada sumpah opg2 kita yg diatas jd hati2 da bnyak contoh siapa yg percaya dgn tarombonya dialah yg kuat ga perlu saya utarakan pakpahan mana yg kompak dlm perkumpulan anda sendiri yg bisa menjawabnya.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Horas
    Pakpahan dari tapanuli selatan

    BalasHapus
  34. Horas..bapak saya bilang :
    1.Hutaraja
    2. Hutanamora
    3.lumban bosi
    Lain itu tidak ada,habis cerita!

    BalasHapus
  35. Marga Pakpahan kalo masuk ke marga karo apa ya?

    BalasHapus
  36. Huta raja
    Lumban bosi
    Sigodang pohul

    Ido pakpahan
    Di luar itu dang binoto bei

    BalasHapus
  37. Didia do huta ni Godang Pohul Bo ? songon so hea pajumpang ahu dohot si godang pohul di parserakanon, holan di samosir do na huboto adong si godang pohul segitar 4 kk

    BalasHapus
  38. Sosor dolok,, sosor batu, ,sosor pasir, ,ondo tahe huta ni pakpahan?komen na mam

    boto

    BalasHapus
  39. Sarupa hita nadua sittong, aupe na hea hubege pinopparni pakpahan situlu ama si sada anak do, na parjolo pakpahan huta raja,, na paduahon lumban bosi,, jala na pa toluhon sigodang pohul,, anak ni hutaraja ma huta namora, ido nahea hubege

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aupe ido na sering ni bege akka hata ni natua tua akka na parjolo i.
      1 huta raja 2.lumban bosi 3.sigodang pohul
      Molo huta namora anak ni huta raja doi..

      Hapus
  40. Adong ma nian titik temu di hita toga Pakpahan

    BalasHapus
  41. kita harusnya bersatu jangan ada yang terpecah belah , kita punguan pakpahan cuma sedikit setidaknya kita bisa bersatu dan mempererat tali persaudaraan..

    BalasHapus
  42. Najolo adong do huingot tugu ni sigodang pohul di sosor pasir. Disi dope i? Alusi hamu jo. Udut tusi muse, di huta nami adong do piga2 keluarga najolo nasida pakpahan sigodang pohul do, alai nuaeng gabe pakpahan hutanamora, jala namambahen au makkin bingung ala adong na marhaha anggi kandung beda2 pakpahanna. Abangna sigodangpohul alai anggina hutanamora. Jadi tolong majo bahen hamu hatorangan bosa songon i!

    BalasHapus
  43. horas ma dihita saluhutna ,akka na mardongan tubu,tua,Uda,appara,namboru,ito.molo na husukkun tu Hita side Ima,Pakpahan tu harianja,Manang Sitinjak,bohado tuturta ,tu naduaon,mauliate,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gultom.sidari/samosir,harianja,pakpahan,sitinjak ima urutan na

      Hapus
    2. Kalau harianja anaknya samosir boh,sitinjak anaknya pakpahan
      Harianja sm sitinjak kalau jmpa sm samosir n pakpahan mnggil bapak sbnrnya
      Cma krn zaman skrng melihat umur kita sbgai yg muda mnghargai mereka
      Tapi yg berumurpn mereka memanggil yg muda bapak
      Krn mereka tdk bisa mnggil adik ato anak

      Hapus
  44. Mamarambalangan muse : Gultom, Samosir, Pakpahan Sitinjak....Harianja Tu Samosir nama

    BalasHapus
  45. Marsada do Pinompar ni Ompungi Raja Sonang se Dunia paojakkon Tugu ni Oppungi tanggal 08-08-2018 di Riniate Desa Pardomuan Kec. Onan Runggu Samosir , jala riburdo ujui pestai jala sar sahat rodi Portibion

    BalasHapus
  46. Lumban Bosi

    Ompui Lumban Bosi tarsar do baritana sahat rodi portibion na bonggal jala na marharajaon alani hadatuonna . Ompui Lumban Bosi mangalap boru nauli boru ni Rajai boru Sirait:
    Anakna :
    1.Raja Bona Ni Aek mangalap boru Manurung
    Anakna :
    1.Raja Mobe
    Anakna :
    1.Op. Jumollang
    Anakna :
    1.Raja Hinirean si Boru Patar Uluan Boru Manurung

    BalasHapus
  47. Ianggo Ompunta Raja Hinerean dohot Ompunta boru, Siboru Patar Uluan boru Manurung, dibasa-basahon Tuhanta do hagabeon ima tubuan anak dohot boru.
    Ompu Jori Batak
    Ompu Raja Singal
    Ompu Buntu Raja
    Ompu Namorasoritaon
    Ompu Pulo Nagodang
    Ompu Parsuratan
    Ompu Portibiraja

    BalasHapus
  48. Boruna
    1.Boru Simoingoing nasian Sitinjak Parsuratan marhamulian tu amangborunta Purba Parhoda-hoda.
    2.Boru Lean Panarusan marhamulian tu amangborunta Sitorus Pane.
    3.Boru Pinta Haomasan marhamulian tu amangborunta Simanjuntak Sitombuk sian Tampahan Balige.
    4.Boru Daeng Pasiding marhamulian tu amangborunta Sitorus sian Lumban Nabolon Porsea.
    5.Boru Pinta Ulina marhamulian tu amangborunta Ompu Bintatar Sinaga.

    Maringanan ma Ompunta Raja Hinerean dihuta napinungka ni Ompunta Raja Lumban Bosi margoar sosor batu Onan Runggu Pulau Samosir.

    Disada tingki borhatma Ompunta Buntu Raja dohot Ompunta Namorasoritaon maninggalhon natoransa Raja Hinerean dohot haha anggina nang ibotona.
    Marbonsirmai na adong hansit ni roha ni halaki nadua tu angka haha anggina ala ni jagal lali Bangar.

    Ala toho do nasida dipardengkean (Marbubu tu Tao Toba) dinamulak nasida tu huta didapot ma haha anggina na lima i marpesta-pesta las niroha mangallang jagal lali i, gabe hansitma rohani halak i na dua mamereng namasai.

    Bungkas ma nasida nadua manuju dolok Tolong na di Balige, siani ma nasida mangire, tu Selatan, sahatma nasida tu dolok matutung na di Pangaribuan.

    Marultop dohot marburu Ursa ma nasida dipardalanan asa adong sipanganon nasida.
    Ndang dapot nasida be tano maraek baen hauma dinasida. Dipilllit nasida ma ditoru nidolok maringanan huhut mambaen hauma na martangga-tangga. Alani sompit ni tano i, gelleng na ma gadu-gadu asa gumodang eme suanon. Holan Hambing do na boi mardalan sian gadu-gadui. I do umbahen na digoari huta ni Ompu i LOBU TAGA HAMBING.

    Marsirang sian Lobu Taga Hambing ma haha dolinta Buntu Raja dohot Ompunta Namorasoritaon ala dang siat be gogoni tano bahen balanjo nasida na dua keluarga. Borhatma Ompunta Buntu Raja tu hasundutan sahat tu Lintongnihuta manjalahi tano huhut manandangkon hadatuonna. Tinggalma Ompunta Namorasoritaon dohot Ompung boru Limbong di Lobu Taga Hambing dohot anakna tolu halak, ima:
    1.Ompu Mangguru
    2.Ompu Soimbangon
    3.Ompu Marbona

    BalasHapus
  49. Ada 3..Huta raja...huta mora...sibosi(anaknya:lumban bosi)..
    Kalo sigodang pohul adalah gelar utk marga pakpahan yg di asuh oleh marga samosir..

    BalasHapus
  50. Mohon buat saudaraku yg gak ngerti jgn asal ceplos ya..biasa kanlah bicara penuh tanggungjawab,dan bila gak tau lebih baik diam..agar layak jd manusia sebenarnya..
    Anak toga pakpahan ada 3 :
    1.pakpahan hutaraja.
    2.pakpahan huta mora.
    3.pakpahan sibosi.
    Ketiganya adalah putera toga pakpahan..
    Lalu kturunan pakpahan SIBOSI(P.Lumbanbosi)merantau ke daerah pakkat di pelihara oleh marga samosir,lalu kehadirannya membawa kemakmuran lalu di beri lah dia gelar si GODANG POHUL..

    Begitulah sejarah kisah nya..karena mereka juga adalah keturunan pakpahan tp cucu dr toga pakpahan...

    Horas ma di hita.

    BalasHapus
  51. Lak boi ma dang di boto ito pakpahan hutaraja ateh

    BalasHapus
  52. Molo tarombokku.

    Toga Pakpahan :
    1. Hutaraja
    2. Sibosi
    3. Sigodangpohul

    Baen be tarombo na masing2 hehee

    BalasHapus
  53. Yang jelas siGodang Pohul sudah di usir dari pakpahan.
    Tinggal 2 kk lg yg tinggal di pakpahan yaitu helanya si marbun ama si manalu.
    Sekarang sigodang pohul bikin marga yang lain lagi yang bisa kau manfatkan.

    BalasHapus
  54. Mau pakpahan apapun sama aja itu pokoknya siapa paling tua panggil abang,apara,anggi ataupun bapak tua,udak
    Gitu aja kok repot drpd marbadai gara2 itu
    Kyk td aku pas interview krjn ketemu 1 marga pakpahan bosi cma no kmi beda
    Aku no 16 dia no 19 kalau di bilang aku opung buyutnya
    Tapi ku blng marapara aja kalau diluar krjn
    Tapi kalau dlm pkrjn dia ttp ku pnggl bpk sbgai pimpinan
    Itu aja kok repot
    Apa yg mau di perebutkn disini
    Apa tahta martabat
    Itu trgntng diri kita sndri kalau kita merasa sih adikan y hargai sbgai abangan,bkn brti kita di bwh bkn brti kita hina
    Kata mantan presiden gusdur,gitu aja kok repot

    BalasHapus
  55. TOGA PAKPAHAN
    HUTARAJA
    LUMBAN BOSI
    SIGODANG POHUL
    IMA ANAK NI OPPUTA TOGA PAKPAHAN

    BalasHapus